Tuesday, 14 February 2017

Mengatasi Trouble Gagal Instal Printer Sharing Karena Beda Versi OS Windows


Berikut ini saya akan share pengalaman yang beberapa kali pernah saya temuin dilapangan.

Peralatan : PC A dan PC B, terkoneksi internet dalam 1 jaringan wifi/lan.

Kondisi Spesifikasi :

PC A menggunakan OS windows terbaru (Windows 7) dengan printer utama yang sudah di-sharing printernya, misal Epson L120. Sedangkan PC B menggunakan windows yang lebih lama (Windows XP).

Kasus : PC A tidak bisa melakukan instalasi printer sharing dari PC B karena drivernya tidak ditemukan (karena beda versi windows) dan muncul pop up untuk mengarahkan ke driver offline.

Solusi :

Download dan instal dulu driver printer (dalam contoh kasus ini printer Epson L120) ke PC A sesuai spesifikasi windows pada laptop tersebut.

Setelah selesai menginstal driver printer di PC A, lakukan koneksi dan instalasi printer sharing dari PC A menuju PC B melalui network pada my computer, tunggu hingga proses instalasi driver dan konfigurasi selesai.

Setelah proses instalasi driver printer sharing selesai, di PC A muncul pop up Printer Device > klik File > Set As Default jika printer tersebut akan dijadikan printer utama

Selesai, tips ini bisa digunakan untuk semua versi windows jika mengalami kendala yang sama dengan versi windows yang berbeda.

Note :

Jika driver printer pada perangkat klien sudah ada maka klien tidak lagi menginstal driver dari printer host yang di-sharing. Perangkat klien hanya akan melakukan konfigurasi dan membuat jalur printer baru di klien, sehingga ketika kita akan mencetak dokumen. Pada device printer akan muncul ikon/pilihan printer baru (printer dari perangkat host).

Terimakasih. Semoga Bermanfaat.....