logo blog

Mengatasi Trouble Gagal Instal Printer Sharing Karena Beda Versi OS Windows


Berikut ini saya akan share pengalaman yang beberapa kali pernah saya temuin dilapangan.

Peralatan:

PC A dan PC B, terkoneksi internet dalam 1 jaringan wifi/lan.

Kondisi Spesifikasi:

PC A menggunakan OS windows terbaru (Windows 7) dengan printer utama yang sudah di-sharing printernya, misal Epson L120. Sedangkan PC B menggunakan windows yang lebih lama (Windows XP).

Kasus:

PC A tidak bisa melakukan instalasi printer sharing dari PC B karena drivernya tidak ditemukan (karena beda versi windows) dan muncul pop up untuk mengarahkan ke driver offline.

Solusi:


  • Download dan instal dulu driver printer (dalam contoh kasus ini printer Epson L120) ke PC A sesuai spesifikasi windows pada laptop tersebut.


  • Setelah selesai menginstal driver printer di PC A, lakukan koneksi dan instalasi printer sharing dari PC A menuju PC B melalui network pada my computer, tunggu hingga proses instalasi driver dan konfigurasi selesai.


  • Setelah proses instalasi driver printer sharing selesai, di PC A muncul pop up Printer Device > klik File > Set As Default jika printer tersebut akan dijadikan printer utama


  • Selesai, tips ini bisa digunakan untuk semua versi windows jika mengalami kendala yang sama dengan versi windows yang berbeda.

Jika driver printer pada perangkat klien sudah ada maka klien tidak lagi menginstal driver dari printer host yang di-sharing. Perangkat klien hanya akan melakukan konfigurasi dan membuat jalur printer baru di klien, sehingga ketika kita akan mencetak dokumen. Pada device printer akan muncul ikon/pilihan printer baru (printer dari perangkat host).

Terimakasih. Semoga Bermanfaat.....

Share this

Gunakan kotak komentar jika Anda ingin bertanya, menanggapi/menambahkan dan memberi saran serta berdiskusi.

Terima kasih...