logo blog

Virus Trojan Worm dan Malware dan Bagaimana Cara Mereka Bekerja?


Penasaran dengan apa itu Virus, Trojan, Worm, dan Malware dan bagaimana cara mereka bekerja?

Malware itu diambil dari kata Malicious Sofware (Software berbahaya). Ini sebenarnya istilah umum untuk mendeskripsikan semua virus, worm, spyware dan program-program yang dapat membahayakan PC kamu atau mencuri informasi penting.

VIRUS

Istilah yang serupa dengan malware, virus komputer adalah sebuah program yang sifatnya selalu menduplikasi diri dan menginfeksi PC. Virus akan menyebar dari satu file ke file lainnya dan kemudian berpindah ke PC lain saat file tersebut dipindahkan. Kebanyakan virus menempel pada file executables (.exe), script autorun, dan lainnya. Tujuan utama mereka adalah untuk merusak komputer kamu!

Jadi berhati-hati dengan nama file kamu.. jika ada file tertentu yang seharusnya bukan berformat .exe, seperti misalnya file musik MP3 tapi ada .exe di belakangnya (judullagu.mp3.exe), maka itu patut dicurigai sebagai virus.. oya antivirusnya juga sering-sering diupdate ya dan di scan minimal seminggu sekali.

TROJAN

Trojan adalah aplikasi yg terlihat bersifat tidak berbahaya,namun secara diam diam memiliki kode perintah yg melakukanhal hal yg tidak diinginkan. Pada umumnya Tojan akan membuat sebuah pintu (backdoor) yg memampukan sang Hacker menjebol serta mengendalikan PC kamu.

Berbeda dgn virus, Trojan tdk mereplikasikan dirinya, tapi ia dapat masuk hanya ketika sang pengguna melakukan instalasi aplikasi yg disisipi Trojan spt kebanyakan Aplikasi Program bajakan. Ya....lebih aman pakai yg asli Bro, daripada anda mesti kehilangan data yg penting.


Worms

Worms menggunakan jaringan komputer untuk menyebarkan duplikasi dirinya ke PC lain, umumnya memanfaatkan lubang keamanan untuk berpindah. Salah satu Worm yang paling terkenal adalah ILOVEYOU worm, yang menyamar sebagai attachment email dan menyebar ke berbagai komputer di seluruh dunia dan membuat kerugian hingga US$ 5.5 miliar!

Karena Worm umumnya memanfaatkan kerentanan pada jaringan, ini adalah tipe malware yang penyebarannya dapat dicegah dengan mengaktifkan firewall.. tentunya juga antivirus yang terupdate selalu dan memiliki system Real Time Protectors.

Spyware

Spyware adalah software yang mengumpulkan informasi dari PC kamu secara diam-diam, dan mengirimkan informasi tersebut kembali ke pembuatnya untuk digunakan sesukanya. Ini termasuk mencuri password, nomor kartu kredit, melihat kebiasaan pencarian kamu, mengubah halaman muka browser, dan lain-lain. Karena sifat utama Spyware untuk menyedot uang kamu biasanya ia tidak akan merusak PC, namun bila terlalu banyak Spyware bisa membuat PC berjalan lambat.

Sayangnya tidak semua Antivirus bisa menangkap Spyware, jadi kamu musti lebih berhati-hati ! Kalau sudah parah, gunakan program MalwareBytes dan SuperAntiSpyware saja untuk membersihkannya.


Scareware

Scareware adalah jenis serangan yang tergolong baru, di mana seorang pengguna dikelabui untuk mendownload sebuah aplikasi antivirus gadungan. Antivirus tersebut kemudian akan mengatakan bahwa ada ratusan virus dalam komputer kamu dan hanya dapat dibersihkan jika kamu membeli aplikasi tersebut. Hebatnya, aplikasi ini sangat susah dihapus (uninstall) bahkan bisa menganggu kinerja PC sampai kamu membayar "tebusan"

Jika terkena Scareware ini, harapan terbesar adalah dengan melakukan pencarian virus tersebut di Google dan ikuti petunjuk bagaimana membersihaknnya, atau jalankan MalwareBytes serta SuperAntiSpyware, dan ComboFix jika diperlukan.


Terimakasih. Semoga Bermanfaat...

Share this

Gunakan kotak komentar jika Anda ingin bertanya, menanggapi/menambahkan dan memberi saran serta berdiskusi.

Terima kasih...